Pages

Sabtu, 29 Januari 2011

JENIS PAKAN

A. Rumput

Rumput dibutuhkan kelinci karna kandungan serat kasar beserta kandungan lainya. Serat kasar yang ada pada jenis rumput kurus dilapangan (hay),silage, dan batang jagung, akar tanaman, pucuk daun ubi jalar,

Makanan rumput sangat penting karena pada dasarnya rumput adalah salah satu makanan pokok kelinci selain konsentrat dan sayuran. Pemberian rumput diberikan pada sore hari, karna sore hari kelinci siap – siap beraktifitas sepanjang malam

Jika kelinci kekurangan rumput sering kali ia memakan bulunya sendiri, atau bulu anak – anaknya, akibatnya pencernaanya terganggu karena bulu – bulu tersebut tidak dapat dicerna.

Rumput timoti adalah pakan yang bagus untuk kelinci, timoti adalah sejenis rumput lapangan yang pada bagian atasnya terdapat ekor kucing, kadar rumput timoti cukup baik sehimgga tidak menimbulkan masalah.

B. Sayuran

Sayuran sangat penting supaya pencernaan kelinci lebih nyaman, perlu diingat pencernaan kelinci kurang sempurna dibandingkan hewan lain, sayuran yang baik dalam takeran yang pas dapat diberikan seperti : jenis basil, daun brokoli, hijauan bet, wortel, daun wortel, kol, sprout, green pepper, parsley, labu dll.

Jangan berikan kangkung dan kubis kecuali dalm jumlah sedikit, karna kelinci akan mudah kembung dan kencing berkelanjutan.

Pemberian sayuran baik diberikan pada siang hari antara pukul 12.00 – 14.00 berikan 3-4 lembar perhari sayuran semi segar atau agak layu pada siang hari sebagai makanan siang, bijian , jagung muda, atau ubi jalar bisa dikasihkan pada malam hari

C. Konsentrat

Konsentrat yang paling ideal berbentuk palet, palet biasanya terbuat dari komponen bekatul padi halus, tepung jagung, atau tepung terigu, tetes tebu, garam dll.

Kebutuhan rata – rata palet untuk kelinci 100 – 140 kg gram perhari, sedangkan untuk kelinci bunting 160 – 200 gram

Alternatif selain pakan palet, bekatul ( dedak halus dari padi ) dan ampas tahu atau kombinasi dari keduanya adalah paling mungkin dilakukan. ( sumber buku kelinci by: faiz mansur )

2 komentar:

Anonim mengatakan...

bagusjuga info yang di berikan...
lalu anda mempunyai peternakan kelinci sendiri ya? lokasinya dimna? saya tertarik dengan ternak kelinci...

Unknown mengatakan...

Bagi para peternak kelinci yang membutuhkan molase/tetes tebu untuk campuran pakannya silahkan call me 0812 1993 7517

Posting Komentar